Notification

×

Iklan

Iklan

5 Trik Windows 11 yang Harus Kamu Tahu, Sudah Gunakan?

Sabtu, 04 Juni 2022 | 06.27 WIB Last Updated 2022-06-03T23:27:54Z

Pages/Halaman:
Dapatkan berita terupdate dari SAFAHAD.MY.ID di:
Advertisement
Swipe Up
SAFAHAD - Microsoft telah resmi meluncurkan Windows 11 beberapa waktu lalu. Sistem operasi itu menghadirkan beberapa peningkatan terbaru dari widget hingga tata letak.
Windows 11/Net
SAFAHAD - Microsoft telah resmi meluncurkan Windows 11 beberapa waktu lalu. Sistem operasi itu menghadirkan beberapa peningkatan terbaru dari widget hingga tata letak.

Namun ada sejumlah trik yang bisa digunakan pada Windows 11. Simak lima trik tersebut, dirangkum dari Digital Trends, Jumat (3/6/2022):

1. Tambah Folder ke Menu Start

Ada cara pintas untuk menemukan folder-folder penting atau favorit. Pada pengaturan Windows 11, kamu bisa menambahkan folder favorit ke Menu Start.

Caranya buka aplikasi pengaturan Windows 11 dengan klik tombol Windows +/ dan menuju ke Personalization. Berikutnya pilih Start dan cari opsi Folders. Pilih folder yang ingin masuk dalam menu.

Daftar tersebut termasuk dokumen, download, music, pictures, video, network, dan folder personal. Setelah dipilih folder akan terlihat di bagian kanan tombol power.
2. Audio

Windows 11 menghadirkan banyak mode suara baru yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Ini bergantung pada perangkat keras yang dimiliki, namun sebagian besar speaker dan PC yang dirilis dua tahun terakhir harusnya punya opsi tersebut.

Untuk menggunakannya masuk ke Settings > System > Sound. Pilih speaker kamu dan gulir layar dalam daftar. Akan terlihat opsi audio Enhance. Cek juga apakah toggle sudah digeser untuk dinyalakan.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan menu lain seperti menyalakan audio mono, memilih berbagai peningkatan, pemerataan, dan banyak lagi.

3. Scroll Background Pada Beberapa Window

Melakukan pekerjaan multitasking dengan Windows 11 atau menggunakan fitur seperti Snap Layouts? Terdapat fitur yang bia meningkatkan pekerjaan kamu yang disebut sebagai background scrolling.

Dengan fitur ini, kamu bisa menggulir atau scrolling window yang tidak aktif dengan mengarahkan mouse ke window tersebut tanpa mengkliknya.

Fitur ini biasanya aktif secara otomatis, namun kamu bisa memeriksanya sendiri dengan masuk ke menu Settings > Bluetooth and device > Mouse. Setelah itu pastikan opsi scroll inactive windows when hovering over them telah diceklis.
4. Focus Sessions

Windows 11 memiliki fitur eperti Headspace di mana pengguna dapat mendengarkan musik santai dan kegiatan lain untuk menenagkan diri. Bernama Focus Sessions, yang juga sudah dibangun langsung dalam aplikasi Clock dan tidak perlu menambah biaya apapun.

Untuk menggunakan buka aplikasi Clock dan pilih Focus Sessions serta pilih Get Started. Kamu juga bisa mengecek bagian Daily progress, klik ikon pena untuk menjadwalkan blok waktu setiap hari untuk berfokus.

Selain itu juga bisa menggunakan secara manual dengan memilih opsi Start focus session. Ada pilihan untuk menghubungkannya pada akun Spotify.

5. Menu Voice Typing

Di Windows 11, kamu juga bisa mengetik menggunakan suara. Voice Typing bisa bekerja di aplikasi apapun bahkan pada aplikasi sistem.

Kamu hanya perlu menekan Windows H. Lalu klik ikon mikrofon pada pop-up window dan mulai berbicara. Selain iu juga bisa mengklik setting untuk menambahkan tanda baca otomatis atau membuat voice typing muncul secara otomatis dalam kotak teks.[cnbcindonesia]

×
Latest Update Update
CLOSE