Notification

×

Iklan

Iklan

Roy Suryo Sindir Grace Natalie, Unggah Video TKA China Tak Becus Ngelas

Kamis, 02 Juni 2022 | 14.10 WIB Last Updated 2022-06-02T07:11:06Z

Pages/Halaman:
Dapatkan berita terupdate dari SAFAHAD.MY.ID di:
Advertisement
Swipe Up
SAFAHAD - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie buka suara soal unggahan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo yang membantah pernyataannya mengenai tenaga kerja asing atau TKA China.
Roy Suryo Pakar Telematika/Net
SAFAHAD - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie buka suara soal unggahan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo yang membantah pernyataannya mengenai tenaga kerja asing atau TKA China.

Grace sebelumnya mengatakan TKA yang bekerja sebagai tukang las di Indonesia bukanlah tukang las biasa melainkan memiliki sertifikasi dan kemampuan khusus.

Hal itu ia sampaikan merespons pernyataan mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso mengenai warga negara asing (WNA) China yang bekerja sebagai pekerja kasar alih-alih tenaga ahli.

Roy Suryo pun membantah pernyataan Grace melalui video yang diunggah akun Twitternya tentang keluhan pekerja Indonesia atas hasil pengelasan oleh TKA asing.

"'Kemampuan khusus' si Tukang Las? Lihat benar pengelasannya. Ambyar," tulis Roy melalui akun Twitternya @KRMTRoySuryo2, Senin (30/5).

Menanggapi hal ini, Grace Natalie mempertanyakan konteks video yang diunggah Roy tersebut.

"Video yang dipakai oleh Mas Roy tidak diketahui konteksnya apa?" kata Grace saat dikonfirmasi, Kamis (2/6).

Grace mengatakan pernyataannya beberapa waktu lalu tak hanya menyebut soal TKA China, tetapi juga TKA dari negara lainnya. Ia menjelaskan keberadaan tenaga kerja asing di Indonesia dikarenakan tenaga kerja dalam negeri belum memiliki kompetensi yang memadai.
Ia lalu mencontohkan dengan proyek kereta cepat yang menggunakan bantuan pekerja asing. Menurutnya, rel berkecepatan tinggi perlu dikerjakan oleh orang yang memang mumpuni.

"Karena rel akan dilewati kereta berkecepatan sangat tinggi, maka pengerjaan relnya pun khusus," ujarnya.

Ia juga menyebut video yang diunggah Roy tak bisa menggeneralisir seluruh tenaga kerja asing. Sebab, masalah yang dilakukan TKA dalam video tersebut tak bisa merepresentasikan TKA lainnya.

"Lagipula yang saya kritisi adalah narasi Bang Yos (Sutiyoso) yang rasis dan tidak sesuai fakta. Ini kenapa jadi tukang las yang dibahas," tukas dia.

Sementara itu, Roy Suryo mengklaim dirinya tak asal mengunggah video mengenai keluhan pekerja tersebut. Ia mengatakan video itu telah terverifikasi dan bukan hasil rekayasa editing.

"Saya tidak asal posting video tersebut karena source/sumber yang posting pertama kali saya tahu dan sudah terverifikasi. Soundbite dalam video tersebut juga bukan dubbingan, video juga bukan hasil rekayasa editing," kata Roy saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com.

"Dari rompi yang dikenakan para pekerja-pekerja tersebut sebenarnya bisa diketahui lokasinya kan?" sambung dia.
Grace Natalie beberapa waktu lalu mengomentari pernyataan Sutiyoso terkait WNA China di Indonesia. Sutiyoso dalam sebuah pidatonya khawatir WNA China bakal menjadi mayoritas di Indonesia.

Grace pun menyayangkan pernyataan Sutiyoso tersebut. Ia menyebut Sutiyoso rasis dan tak sesuai fakta dan data.

"Saya menyayangkan seseorang sekaliber Bang Yos yang memiliki karir panjang di militer dan pemerintahan serta pernah dipercaya Presiden Jokowi sebagai Kepala BIN bisa membuat pernyataan yang begitu rasis, tendensius, dan berlawanan dengan realita dan juga data," ujar Grace dikutip dari YouTube Cokro TV, Kamis (2/6).[CNN]

×
Latest Update Update
CLOSE