Notification

×

Iklan

Iklan

Kandungan dan Manfaat Bayam untuk Kesehatan

Jumat, 05 Februari 2021 | 16.21 WIB Last Updated 2022-04-28T20:17:02Z

Pages/Halaman:
Dapatkan berita terupdate dari SAFAHAD.MY.ID di:
Advertisement
Swipe Up
Safahad.my.id - Dari beberapa sayuran hijau, bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang mempunyai banyak manfaat dan bisa diolah sebagai asupan sehat. Beberapa olahan yang bisa dicoba adalah jus bayam (smoothie), salad bayam, bahkan jadi komposisi adonan kue yang dipanggang.
SAFAHAD - Dari beberapa sayuran hijau, bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang mempunyai banyak manfaat dan bisa diolah sebagai asupan sehat. Beberapa olahan yang bisa dicoba adalah jus bayam (smoothie), salad bayam, bahkan jadi komposisi adonan kue yang dipanggang.

Bayam diketahui banyak terdapat manfaat kesehatan. Kandungan yang terdapat pada bayam vitamin K bagus bagi kesehatan tulang dan vitamin C bagus untuk peningkatan sistem kekebalan tubuh.

Mengutip dari laman Health, Terdapat 5 manfaat bayam untuk kesehatan:

1. Kaya akan antioksidan

Selain vitamin dan mineral yang terdapat pada bayam, juga kaya akan antioksidan terkait dengan anti-inflamasi dan perlindungan dari penyakit. Kandungan Kaempferol dan flavonoid dari bayam disebut mengurangi risiko kanker. dan quercetin bisa melindungi dari penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan penyakit otak.

2. Bagus untuk mencegah berbagai jenis penyakit

Dalam jurnal yang diterbitkan Food & Function, melakukan penelitian yang menyatakan kandungan zat yang terdapat pada bayam bisa mengurangi stres oksidatif dan kerusakan DNA. Bayam juga picu pelepasan hormon yang membuat rasa kenyang lebih lama.

3. Meningkatkan kemampuan kognitif otak

Kandungan anti-inflamasi pada bayam baik untuk perlindungan otak. terutama peningkatan kemampuan kognitif. Menurut data, orang yang setiap hari konsumsi 1-2 porsi sayuran hijau memiliki kemampuan kognitif yang sama dengan orang yang 11 tahun lebih muda dari pada orang yang tidak makan sayuran hijau.

4. Mengatur tekanan darah

Salah satu sumber nitrat alami dihasilkan dari bayam, senyawa untuk membuka pembuluh darah sehingga aliran darah meningkat dan beban kerja jantung jadi lebih ringan. Temuan The Journal of Nutrition dalam penelitiannya, bahwa kadar nitrat dalam darah meningkat setelah mengonsumsi bayam.

5. Meningkatkan kesehatan mata

Kandungan antioksidan pada bayam, disebut lutein, dinyatakan terbukti mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia atau age-related macular degeneration (AMD). AMD salah satu penyakit mata yang bisa membuat penglihatan sentral jadi kabur sehingga aktivitas membaca dan mengemudi jadi terganggu.

AMD merupakan salah satu penyebab utama untuk orang yang berusia 50 tahun ke atas mengalami kehilangan penglihatan. Kandungan pada bayam yang kaya lutein mampu untuk peningkatan kadar lutein darah dan pencegahan terkena penyakit AMD.[Source]

×
Latest Update Update
CLOSE