SAFAHAD - Dilansir dari klikdokter.com, Seorang pasien yang sudah mengunakan kaca mata sejak umur 15 dengan min 2 dan silinder 2 bertanya "Bisakah mata sembuh jika tetesan jeruk nipis digunakan pada mata?"

Tidak dianjurkan menggunakan tetes mata berbahan jeruk nipis. hal ini dikarenakan kandungan asam nitrat pada jeruk nipis bisa menyebabkan iritasi dan lapisan pada mata menjadi rusak sehingga padangan mata akan menjadi buram, mata merah, nyeri dan bengkak.

Apabila terkena cairan jeruk nipis pada mata, dianjurkan gunakan air bersih dan mengalir untuk membilas mata dan periksakan segera ke dokter spesialis mata. Jadi kesimpulannya tidak disarankan menggunakan jeruk nipis sebagai tetes mata.
Scroll untuk Membaca
Namun kandungan vitamin C pada jeruk nipis bisa berfungsi sebagai antioksidan untuk mata. Vitamin C juga mampu meminimalisir risiko kekekeruhan pada lensa mata (katarak) & degenerasi makula. maka dari itu konsumsilah yang terdapat kandungan vitamin C seperti jeruk, jeruk nipis, stroberi, pepaya, anggur, tomat dsbnya. namun bukan dalam bentuk tetes mata.

Menjaga kesehatan mata dengan mengkonsumsi kandungan vitamin C pada makanan tidaklah cukup dan tidak berdampak banyak pada kesehatan mata. sangat dianjurkan mengkonsumsi vitamin lainnya seperti vitamin A yang mampu melindungi dan menjaga kesehatan syaraf mata yang berperan sebagai penglihatan malam/gelap, Omega 3, Vit E, Zinc dan selenium.[Source]