Notification

×

Iklan

Iklan

12 Tempat Wisata di Riau, Unik dan Paling Populer

Senin, 06 Juni 2022 | 12.44 WIB Last Updated 2022-06-06T05:44:26Z

Pages/Halaman:
Dapatkan berita terupdate dari SAFAHAD.MY.ID di:
Advertisement
Swipe Up
SAFAHAD - Tempat wisata di Riau menyuguhkan pesona dan sensasi yang menyenangkan. Terlebih bahwa tempat wisata di Riau ini tak harus merogoh kocek yang begitu besar.
12 Tempat Wisata di Riau, Unik dan Paling Populer/Net
SAFAHAD - Tempat wisata di Riau menyuguhkan pesona dan sensasi yang menyenangkan. Terlebih bahwa tempat wisata di Riau ini tak harus merogoh kocek yang begitu besar.

Bahkan, ada juga tempat wisata di Riau ini tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis. Tempat wisata yang asri, indah, dan memiliki spot foto menarik menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Berikut rekomendasi tempat wisata di Riau yang hits, unik, terbaru, dan populer.

1. Desa Wisata Okura
Desa Wisata Okura (Instagram @infoduniatravel/VIVA)
Tempat wisata di Pekanbaru yang pertama yaitu Desa wisata Okura. Memiliki kawasan agrowisata, Desa Wisata Okura atau kelurahan Okura ini menjadi salah satu tempat wisata Pekanbaru favorit bagi wisatawan.

Bagi wisatawan yang gemar memancing, dapat menyewa sampan dari para nelayan untuk mengarungi sungai. Ikan dari hasil memancing bisa dibawa pulang atau dimasak sendiri saat melakukan camping di lokasi. Bisa juga meminta tolong kepada warga desa yang ramah-ramah untuk membantu memasaknya.

Tersedia pula tempat penyewaan sepeda bagi wisatawan yang ingin berpetualang menyusuri rimbunan pohon sagu dan sawit, permainan memanah serta kegiatan menunggang kuda yang memberi keasyikan tersendiri.

Meski permainan tradisional menjadi daya tarik utama, namun desa Okura ini juga menyuguhkan beberapa jenis permainan modern seperti berenang, downhill, airsoft gun, paintball serta motocross yang sudah barang tentu disediakan tempat tersendiri agar tidak mengganggu suasana desa yang damai.

Desa Okura ini berada di wilayah Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru, Riau. Jaraknya tidak jauh dari pusat Kota Pekanbaru. Hanya butuh waktu perjalanan sekitar 30 menit jika ditempuh melalui perjalanan darat dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Jika melewati jalur sungai, waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 1 jam dengan menyusuri Pelabuhan Sungai Duku. Tidak perlu merogoh kocek banyak untuk menikmati liburan di Desa Wisata Okura ini.

Bahkan wisatawan tidak perlu mengeluarkan biaya tiket masuk alias gratis jika hanya ingin melihat dan menikmati suasana lingkungan di Desa Okura ini.
2. Kawah Biru
Kawah Biru (Instagram @aknesta/VIVA)
Kawah Biru yang terletak di Desa Tanah Merah ini sebenarnya merupakan lokasi bekas galian yang terisi air hujan sehingga membentuk kawah. Seiring berjalannya waktu, lokasi itu berubah menjadi objek wisata dan banyak dikunjungi para wisatawan.

Warna air biru yang indah pada objek wisata Pekanbaru ini disebabkan oleh galian pasir berwarna putih bening sehingga warna air terlihat jelas berwarna biru.

Terletak di tanah kosong tak jauh dari Hotel Labersa, Desa Tanah Merah Kabupaten Kampar, lokasi Kawah biru dikelilingi oleh perumahan warga. Pepohonan di sekelilingnya pun masih rimbun sehingga menambah asri dan hijau lokasi Kawah Biru ini.

Untuk tiket masuk ke objek wisata baru ini cukup murah, yaitu Rp7.000 saja, Rp5.000 untuk uang masuk dan Rp2.000 untuk uang parkir motor, sedangkan untuk mobil Rp.12.000. Lokasi tempat wisata ini berada di Desa Tanah Merah, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar.
3. Air Terjun Batang Kapas
Air Terjun Batang Kapas (U-Report/VIVA)
Tempat wisata di Pekanbaru yang satu ini merupakan hulu dari Sungai Kapas itu sendiri. Terletak jauh dari pemukiman warga, objek wisata di Pekanbaru ini termasuk wilayah yang jarang dikunjungi wisatawan.

Air Terjun Batang Kapas merupakan surga tersembunyi di Kabupaten Kampar Riau. Jika kamu berkunjung ke tempat ini, kamu akan dimanjakan dengan panorama alam yang sangat Indah, hamparan pohon-pohon besar dan batu alam menjulang tinggi, membentang panjang menghiasi air terjun tersebut.

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi surga tersembunyi ini, disarankan membawa peralatan adventure yang memadai dan wajib didampingi kelompok sadar wisata setempat dengan biaya 200 ribu rupiah per-orang.

Biaya ini sudah termasuk makan dan minum dan jasa pramuantar (porter) selama 2 hari. Lokasi wisata ini berada di Batu Sasak, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar.

4. Rainbow Hills
Rainbow Hills Riau (Instagram @melancongproject/VIVA)
Rainbow Hills merupakan sebuah objek wisata di Rumbai, Pekanbaru, Riau yang belakangan ini jadi pembicaraan para pengguna Instagram karena memiliki pesona yang menakjubkan.

Lokasi tepatnya di Danau Kahyangan. Dikabarkan bahwa tempat wisata ini pertama kali diketahui oleh seorang traveler terkenal, Marischka Prudence.

Salah satu keunikan dari tempat wisata ini adalah warnanya yang berubah-ubah di setiap waktunya. Dengan pesona yang ditawarkan, tempat wisata yang satu ini bisa dijadikan spot foto yang unik.

Tiket masuknya yaitu Rp5.000 saja. Jam operasionalnya yaitu mulai buka pukul 07.00 – 18.00 WIB. Lokasinya berada di Jl. Kemping, Lembah Sari, Kec. Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, Riau.
5. Riau Fantasi
Riau Fantasi (Instagram @labersa_riaufantasi/VIVA)
Tempat wisata di Pekanbaru lainnya yaitu Riau Fantasi. Tempat ini menjadi taman rekreasi terbesar di Sumatera, yang berdiri di lahan seluas 6,5 hektar.

Hal yang menjadikan Riau Fantasi tempat wisata di Pekanbaru yang unik karena dipisahkan antara wahana basah dan wahana kering. Di wahana basah terdapat beberapa jenis kolam, sedangkan di wahana kering ada bermacam-macam wahana yang menguji adrenalin seperti kora-kora, wave blaster, dan lain lain.

Untuk tiket masuk ke wisata ini sebesar Rp60.000 (Senin-Jumat), Rp70.000 (Sabtu-Minggu). Riau Fantasi mulai buka pukul 09.00 – 18.00 WIB. Tempat wisata ini berlokasi di Jl. Labersa , Simpang Tiga Bukit Raya , Kota Pekanbaru, Riau.

6. Sungai Kampar
Gelombang Bono di Sungai Kampar.(U-Report/VIVA)
Ada yang unik tempat wisata di Pekanbaru ini. Sungai Kampar adalah destinasi yang unik di Pekanbaru. Di Sungai Kampar, kamu bisa berselancar karena sungai ini memiliki ombak yang dikenal oleh warga lokal sebagai “Bono”.

Bono adalah ombak fenomenal yang terletak di Sungai Kampar. Nama Bono ini sudah tidak asing lagi ditelinga bagi para wisatawan. Kepopulerannya sudah menyebar hingga ke seluruh penjuru negeri lho.

Untuk bertemu dengan Bono, pengunjung bisa pergi ke sungai yang dekat dengan muaranya. Taukah kamu jika seorang peselancar Steve King pernah mencetak rekor Guiness World Record di tempat ini lho. Hebat kan? Jika kamu ingin mencoba sensasi baru berselancar, wajib banget Cobain selancar di Sungai Kampar.

Jika kamu berselancar di sungai ini, kamu akan merasakan kecepatan ombak 40 kilometer per jam di tujuan wisata favorit Pekanbaru ini dan ombak inilah yang akan membawamu naik hingga ke ketinggian 4 sampai 6 meter.

Saat musim penghujan, pengunjung bisa berselancar pada bulan November hingga Desember. Pas banget momen liburan akhir pekan ya. Jika kamu berkunjung ke tempat ini diluar bulan tersebut, pengunjung bisa menikmati ketenangan aliran Sungai Kampar sembari berkayaking dan menikmati keindahan alam di sekitarnya.

Tiket masuknya gratis dan beroperasi 24 jam. Lokasi Sungai Kampar ini berada di Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Riau.
7. Rumah Singgah Tuan Kadi
Rumah Singgah Tuan Kadi (Instagram @anwiratmoko/VIVA)
Rumah Singgah Tuan Kadi menjadi salah satu peninggalan sejarah milik Sultan Kerajaan Siak Sri Indrapura yang terkenal sebagai tempat wisata sejarah Pekanbaru.

Tempat wisata sejarah ini menjadi ramai lantaran lokasinya yang berdekatan dengan Sungai Siak. Rumah yang berlokasi di tepian sungai Siak ini sering dijadikan lokasi untuk acara atau festival yang diadakan oleh pemerintah Kota Pekanbaru.

Rumah yang didirikan pada tahun 1928 ini merupakan jejak sejarah perkembangan kota Pekanbaru. Berlokasi tepat dibawah jembatan Siak, menjadikan pemandangan rumah singgah ini semakin menarik disaat sore hari menjelang matahari terbenam.

Tiket masuknya gartis, dan jam operasionalnya mulai buka pukul 09.00 – 17.00 WIB. Lokasinya di Kecamatan Kampung Bandar, Kabupaten Senapelan, Pekanbaru.

8. Perpustakaan Soeman H.S
Perpustakaan Soeman H.S (wisatasumatera.com/VIVA)
Tempat wisata di Pekanbaru yang ini memberikan sensasi yang berbeda. Perpustakaan Soeman H.S Pekanbaru berdiri megah di pusat kota Pekanbaru dan menjadi salah satu landmark dari sebutan kota bertuah.

Bentuk bangunan ini menyerupai sebuah buku terbuka dengan banyak pilar – pilar besar yang menjadi daya tarik tersendiri dari gedung Perpustakaan ini.

Keindahan dari perpustakaan ini tidak hanya dinilai dari bentuk bangunan gedung yang seperti buku sedang dibuka, namun juga karena fasilitas yang ditawarkan sangat lengkap, yaitu WiFi, buku-buku edisi baru, komputer, ruangan ber-AC, dan lain-lain.

Tak heran jika tempat ini kerap dijadikan tujuan wisata kota Pekanbaru. Puswil Soeman H.S. terletak di Jln Sudirman Pekanbaru, dan diapit oleh dua bangunan yang megah, yaitu Kantor Gubernur Provinsi Riau dan Bank Indonesia.

Perpustakaan ini di buka mulai pukul 9.00-17.00 WIB (Senin-Sabtu), Minggu tutup. Untuk tiket masuknya gratis. Lokasinya berada di Jalan Jenderal Sudirman No.462, Jadirejo, Sukajadi, Kota Pekanbaru.
9. Istana Siak Sri Indrapura
Istana Siak Sri Indrapura. (U-Report/VIVA)
Tempat wisata di Pekanbaru memiliki sebuah istana yang megah dan mewah bernama Istana Siak Sri Indrapura. Istana ini menjadi pusat pemerintahan kesultanan Siak pada era lampau.

Tak hanya menyajikan pesona bangunan yang megah dan menawan, Istana Siak juga menjadi saksi bisu perkembangan Islam di Riau. Istana Siak dibangun pada tahun 1889 oleh Sultan Syarif Hasyim Abdul Jalil Syaifudin.

Dengan menampakkan arsitektur bergaya Eropa, Arab, dan Melayu, istana berlantai dua ini masih tetap kokoh dan megah meski sudah berdiri lebih dari 100 tahun lamanya. Untuk masuk kedalam istana, pengunjung hanya perlu membayar Rp3000 saja.

10. Candi Muara Takus
Candi Muara Takus, Riau, Sumatra. (U-Report/VIVA)
Candi Muara Takus merupakan satu-satunya candi yang ada di Riau. Tempat wisata ini merupakan candi Budha yang menjadi peninggalan masa lampau.

Ornamen dan bahan yang digunakan dalam membuat candi ini sedikit berbeda dengan candi-candi di Pulau Jawa. Candi Muara Takus ini terbuat dari batu pasir, batu bata, dan batu sungai.

Tempat ini sangat cocok bagi kamu yang suka berswafoto. Tiket masuk lokasi tempat wisata ini dikenakan biaya Rp5.000 saja, untuk parkir motor Rp2.000, parkir mobil Rp5.000.

Wisata Candi Muara Takus mulai buka pukul 08.00 – 18.00 WIB. Lokasinya berada di Desa Muara Takus, Kec. XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau.
11. Asia Heritage
Tempat wisata Asia Heritage (Instagram @asia.heritage/VIVA)
Rekomendasi tempat wisata di Pekanbaru selanjutnya yang menarik adalah Asia Heritage. Tempat wisata ini mengusung tema wisata ala negara-negara di Asia, seperti Korea Selatan, Tiongkok, Jepang, dan Indonesia.

Tempat ini disediakan aneka spot foto yang menyerupai miniatur Jeju Village, Chinatown, dan Little Kyoto. Tempat wisata ini cocok banget buat kamu yang suka foto-foto.

Tempat wisata ini di buka mulai pukul 08.00 – 18.00 WIB. Tiket masuknya sekitar Rp30.000 – 50.000. lokasi tempat ini berada di Jalan Yos Sudarso Nomor Kilometer 12, Kelurahan Muara Fajar, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru, Riau.

12. Restoran Terapung Quantung Cruise
Restoran Terapung Quantung Cruise (VIVA)
Rekomendasi tempat wisata di Pekanbaru yang terakhir yaitu Restoran Terapung Quantung Cruise. Tempat wisata ini di buka sejak awal Oktober 2020 lalu.

Jika kamu berkunjung ke tempat ini, kamu akan merasakan pengalaman berkuliner di atas kapal pertama di Kota Pekanbaru dengan konsep restoran terapung di Sungai Siak.

Restoran terapung ini menyusuri Sungai Siak, dengan rute Rumah Singgah Tuan Kadi ke Masjid Raya Pekanbaru. Tempat yang selalu ramai pengunjung ini menawarkan berbagai paket lunch dan dinner.

Dermaga Tuan Kadi dipilih sebagai terminal untuk naik dan turun pengunjung restoran terapung ini. Paket lunch sama dinner ini berkisar Rp70 ribu dan berjalan sekitar 1,5 jam. Lokasinya berada di Jl. Perdagangan, Kp. Bandar, Kec. Senapelan, Kota Pekanbaru, Riau.

Itulah tempat wisata di Riau yang unik, terbaru, dan wajib untuk dikunjungi. Tempat wisata favorit kamu yang mana? Jangan lupa tetap patuhi protocol Kesehatan ya saat berlibur akhir pekan.[VIVA]

×
Latest Update Update
CLOSE