Notification

×

Iklan

Iklan

Kawah Biru, Destinasi Wisata Andalan Pekanbaru

Minggu, 12 Juni 2022 | 15.19 WIB Last Updated 2022-06-12T08:20:12Z

Pages/Halaman:
Dapatkan berita terupdate dari SAFAHAD.MY.ID di:
Advertisement
Swipe Up
SAFAHAD - Kawah Biru belum lama menjadi salah satu destinasi wisata andalan Pekanbaru Riau. Kawasan ini mulai ramai diperbincangkan orang semenjak berita tentang objek itu viral di sejumlah media social seperti Twitter dan facebook.
Kawah Biru, Pekanbaru [ist/inakoran]
SAFAHAD - Kawah Biru belum lama menjadi salah satu destinasi wisata andalan Pekanbaru Riau. Kawasan ini mulai ramai diperbincangkan orang semenjak berita tentang objek itu viral di sejumlah media social seperti Twitter dan facebook.

Kawah ini pada awalnya adalah lokasi bekas aktivitas galian pasir masyarakat daerah itu. Namun, seiring berjalannya waktu, lokasi itu berubah menjadi objek wisata.

Setiap hari, tak kurang dari ratusan hingga ribuan orang berkunjung ke Kawah Biru ini. Mulai dari warga Kota Pekanbaru sendiri, ataupun dari sekitarnya, seperti dari Kabupaten Kampar.

Terletak di tanah kosong tak jauh dari Hotel Labersa, Desa Tanah Merah Kabupaten Kampar, lokasi Kawah biru dikelilingi oleh perumahan warga. Pepohonan di sekelilingnya pun masih rimbun hingga menambah asri dan hijau lokasi Kawah Biru ini.

Kawah Biru ini memang tak bisa dibandingkan dengan Kawah Putih yang ada di Bandung. Namun dengan bentuknya yang "berlembah" dan berpasir digenangi air hujan, menjadikannya seperti kawah pada umumnya. Berpasir putih dan air kebiru-biruan.

Menurut informasi yang dihimpun dari para pengunjung Kawah Biru ini, lokasi ini awal mulanya tersebar dari mulut ke mulut masyarakat, terutama kalangan kaula muda yang menjadikan Kawah Biru sebagai foto profil di akun media sosial miliknya.

Seorang pengunjung bernama Rio mengaku bahwa dirinya mengetahui tempat ini dari media sosial.

"Saya mengetahui Kawah Biru ini dari teman saya yang sudah berkunjung ke sini dan mengunggah fotonya ke akun medsos," jelasnya beberapa waktu lalu.
Awalnya Rio mengaku kaget, bahkan tidak percaya ada tempat seperti itu di Pekanbaru. Maklum saja, selama ini, warga Pekanbaru memang hanya memiliki objek wisata minim. Namun begitu temannya mengatakan lokasinya tak jauh dari Hotel Labersa dan namanya Kawah Biru, Rio pun tertarik mengunjunginya.

Sementara Sri Wahyuni, yang sudah kali keduanya berkunjung di Kawah Biru ini, mengaku senang dan mengajak teman-teman yang tidak mengetahui lokasi Kawah Biru ini.

"Sebenarnya di Pekanbaru sendiri tempat wisata alam seperti ini jarang dijumpai, makanya saya mengajak teman-teman yang ngak tau lokasi ini untuk sengaja berfoto-foto," kisahnya.

Untuk biaya masuk ke objek wisata baru ini cukup murah, yaitu Rp7 ribu saja, Rp5 ribu untuk uang masuk dan Rp2 ribu untuk uang parkir motor, sedangkan untuk mobil dikutip Rp.12 ribu.

Di sisi lain, warga menyesalkan lokasi Kawah Biru yang kini banyak dikotori sampah. Mungkin dari banyaknya pengunjung membuat kebersihan tak bisa dijaga.

"Sepertinya penggunjung dan para penjual yang menjajakan dagangannya tidak menjaga kebersihan disini," imbuh Sri lagi.

Padahal masuk ke lokasi ini, pengunjung membayar. Seharusnya, para juru parkir atau "petugas" yang memungut bayaran ke pengunjung bisa menjaga kenyamanan lokasi Kawah Biru ini dengan menggunakan uang pungutan tersebut.[inakoran]

Lihat artikel wisata Riau lainnya DISINI
×
Latest Update Update
CLOSE