Notification

×

Iklan

Iklan

Kulit Terkena Jamur Ringworm, Berikut Tips Mengobatinya

Selasa, 26 Juli 2022 | 04.58 WIB Last Updated 2022-11-03T21:57:18Z

Pages/Halaman:
Dapatkan berita terupdate dari SAFAHAD.MY.ID di:
Advertisement
Swipe Up
SAFAHAD - Jamur merupakan mikroorganisme yang dapat menginfeksi kulit manusia. Infeksi tersebut dapat berupa lingkaran merah dan terasa sangat gatal atau dengan bentuk yang bervariasi juga.
Ringworm adalah ruam yang disebabkan oleh infeksi jamur (tribunnews)
SAFAHAD - Jamur merupakan mikroorganisme yang dapat menginfeksi kulit manusia. Infeksi tersebut dapat berupa lingkaran merah dan terasa sangat gatal atau dengan bentuk yang bervariasi juga. Lingkaran merah karena iritasi itu disebut dengan ringworm.

Terdapat 3 jenis jamur yang dapat menyebabkan ringworm yakni Trichophyton, Microsporum, dan Epidermophyton. Jamur tersebut hidup dalam waktu lama dan mudah menjangkiti hewan dan manusia. Cara penyebarannya yakni melalui kontak hewan atau manusia yang terinfeksi.

Ringworm terbagi menjadi beberapa jenis yakni ringworm of the scalp yang ditandai munculnya sisik di kulit kepala yang kemudian menjadi bercak gatal dan bersisik.
Advertisement
Swipe Up
Kedua, ringworm of the body yakni munculnya bercak atau ruam dengan bentuk lingkaran bulat. Ketiga, Jock itch yakni ringworm di sekitar selangkangan, paha bagian dalam, bokong, dan lipatan kulit lainnya.

Keempat yakni Athlete’s foot yakni terjadi pada orang yang kerap bertelanjang kaki di tempat umum seperti ruang ganti, kamar mandi, kolam renang, dll.

Ringworm harus segera disembuhkan agar tidak semakin gatal dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Berikut ini cara mengobati jamur Ringworm dengan tepat dan efektif:
1. Salep Oles
Jamur Ringworm dapat diobati dengan salep yang mengandung terbinafine, miconazole, dan clotrimazole. Krim ini dapat mengurangi infeksi dan meredakan rasa gatal. Obat salep ini dapat diperoleh dengan mudah karena dijual bebas di apotek.

2. Obat Minum
Jamur ringworm juga dapat diobati dengan obat minum berupa sirup atau tablet. Obat ini mungkin akan disarankan oleh dokter ketika obat oles salep tidak berhasil mengurangi atau menyembuhkan ringworm.

3. Pola Hidup Bersih
Ketika menderita gatal-gatal karena infeksi jamur ringworm, sebaiknya Anda perlu menjaga pola hidup bersih dan sehat. Tujuannya yakni agar penyakit tersebut tidak semakin parah dan segera sembuh. Pola hidup bersih dan sehat tersebut yakni:

• Tidak menggunakan baju yang lembab
• Mencuci seprai secara rutin dan menggantinya agar tidak menjadi sarang jamur dan tungau
• Gunakan semprotan disinfeksi untuk perabotan, sprei, bantal, kasur, dll
• Menggunakan pakaian longgar agar kulit tidak lembab
• Mandi teratur

Demikian 3 Tips mengobati jamur ringworm. Cara–cara di atas merupakan cara yang efektif dalam mengobati jamur ringworm yang ada pada kulit.

Lihat Artikel Tentang Kesehatan Lainnya DISINI
Kontributor: Abdul Hamid
Sumber: suara
×
Latest Update Update
CLOSE