Notification

×

Iklan

Iklan

13 Rekomendasi Film Tentang Kemerdekaan Indonesia

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 12.51 WIB Last Updated 2022-08-13T05:52:01Z

Pages/Halaman:
Dapatkan berita terupdate dari SAFAHAD.MY.ID di:
Advertisement
Swipe Up
SAFAHAD - Film tentang kemerdekaan Indonesia sangat pas ditonton jelang peringatan HUT RI. Sejumlah film dengan latar kemerdekaan Indonesia dapat disaksikan bersama keluarga dan teman-teman.
Film Hati Merdeka Foto: Net
SAFAHAD - Film tentang kemerdekaan Indonesia sangat pas ditonton jelang peringatan HUT RI. Sejumlah film dengan latar kemerdekaan Indonesia dapat disaksikan bersama keluarga dan teman-teman.

Ada berbagai film bertema kemerdekaan yang bisa jadi pilihan. Film-film tersebut mengisahkan tentang perjuangan para pahlawan dalam menghadapi konflik yang terjadi jelang maupun pasca Proklamasi Kemerdekaan dibacakan pada 17 Agustus 1945.

Berikut 15 film tentang kemerdekaan Indonesia yang dirangkum detikSulsel dari berbagai sumber:

1. Soekarno: Indonesia Merdeka (2013)
Film Soekarno: Indonesia Merdeka Foto: Dok. Ist
Film Bertema kemerdekaan berjudul Soekarno: Indonesia Merdeka dirilis pada 2013 silam. Film ini menampilkan Ario Bayu yang berperan sebagai Soekarno serta Lukman Sardi sebagai Moh Hatta.

Soekarno: Indonesia Merdeka menjadi film yang paling cocok untuk ditonton jelang HUT RI, karena mengisahkan tentang presiden pertama Indonesia, Ir Soekarno sejak kecil. Pada film ini menceritakan pria bernama Kusno yang sejak kecil sering sakit-sakitan, hingga kedua orang tuanya mengganti nama anak tersebut dengan Soekarno.

Selain itu, dalam film ini penonton akan disuguhkan Soekarno tampil dengan pidato-pidatonya yang penuh semangat. Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini begitu detail mulai dari peristiwa pengasingan Soekarno hingga detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia.

2. Merah Putih (2009)
Film Merah Putih Foto: Dok. Ist
Film Selanjutnya adalah Merah Putih. Film ini dirilis pada tahun 2009 silam. Film Merah Putih menceritakan sejarah perjuangan pasca Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dibacakan. Dimana para pejuang Indonesia yang kembali melawan Belanda setelah kemerdekaan pada tahun 1947.

Aktor ternama seperti Lukman Sardi, Teuku Rifnu Wikana, Darius Sinathrya, hingga Donny Alamsyah hadir memerankan para pejuang Kemerdekaan. Suasana perang dalam film ini begitu terlihat nyata seakan penonton sedang terlibat dalam perang.

Selanjutnya Film Darah Garuda (2010)...
3. Darah Garuda (2010)
Film Darah Garuda Foto: Wikipedia
Darah Garuda merupakan film kedua dari trilogi film Merah Putih yang dirilis pada 2010. Film tentang Kemerdekaan Indonesia ini berlatarkan sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia pada tahun 1947.

Tepatnya, saat terjadinya peristiwa Agresi Militer Belanda I ke jantung pemerintahan Republik Indonesia di Jawa Tengah. Terdapat sekawanan yang menjalin persahabatan sebagai kadet dan selamat dari pembantaian oleh tentara Belanda.

Mereka kemudian berperang sebagai tentara gerilya di pedalaman. Konflik mewarnai perjuangan mereka karena perbedaan sifat, status sosial, etnis, budaya, dan agama.

4. Kadet 1947 (2021)
Film Kadet 1947 (dok. KADET 1947)
Kadet 1947 adalah film tentang Kemerdekaan Indonesia yang dirilis tahun 2021 lalu. Film ini mengisahkan peristiwa Agresi Militer Belanda I pasca Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Menceritakan sekelompok kadet dari sekolah penerbang Angkatan Udara di Maguwo, yaitu Sigit (Bisma Karisma), Mul (Kevin Julio), Har (Omara Esteghlal), dan Adji (Marthino Lio), berambisi untuk ikut serta menjaga Indonesia dari Belanda.

Namun, ambisi mereka terhalang berbagai rintangan dikarenakan mereka masih berstatus pelajar Angkatan Udara, sehingga mereka tidak mendapat izin untuk membawa pesawat dan senjata. Mereka pun menjalankan aksi nekat dengan meminta bantuan sersan udara Tardjo (Wafda Saifan), serta penembak udara Dul (Chicco Kurniawan) dan Kapoet (Fajar Nugra).

Kisah ini bukan hanya mengenai perjuangan Indonesia saja, melainkan juga tentang sekelompok anak muda yang sedang melakukan pembuktian diri dan harus menghadapi konflik persahabatan.

Selanjutnya Film Sang Pencerah (2010)...
5. Sang Pencerah (2010)
Film Sang Pencerah Foto: Dok. Ist
Sang Pencerah adalah film besutan sutradara kawakan Hanung Bramantyo. Film ini bercerita tentang kisah nyata perjuangan KH Ahmad Dahlan, tokoh pendiri Muhammadiyah. Film ini juga layak dijadikan pilihan dalam memperingati Dirgahayu Kemerdekaan RI.

Kisah berawal ketika KH Ahmad Dahlan yang baru pulang dari Mekkah dan melihat warga kampungnya yang keliru dalam melaksanakan ajaran agama. Selain memiliki tugas membenarkan kembali ajaran yang salah tersebut, dia juga harus berulang kali terlibat masalah dengan pihak Belanda yang turut andil dengan rusak nya ajaran Islam di kampungnya.

Film ini menampilkan aktor Lukman Sardi sebagai KH Ahmad Dahlan. Selain itu, film ini juga dibintangi aktor papan atas lainnya seperti Yati Surachman, Giring Ganesha, Zaskia Adya Mecca, hingga Sujiwo Tejo.

6. Sang Kiai (2013)
Film Sang Kiai Foto: Dok. Ist
Film bertema perjuangan kemerdekaan selanjutnya adalah Sang Kiai. Rilis pada 2013, film ini mengambil latar kisah di masa penjajahan Jepang pada tahun 1942.

Film Sang Kiai menceritakan pada masa penjajahan Jepang dimana pengibaran bendera merah putih dan pemutaran lagu Indonesia Raya dilarang. Jepang juga memaksa rakyat Indonesia untuk melakukan Sekerei.

Tokoh besar agama saat itu KH Hasyim Asyari yang diperankan Ikranagara menolak melakukan Sekerei karena menyimpang dari akidah agama Islam. Sebagai umat Islam hanya boleh menyembah kepada Allah SWT.

Karena tindakan berani itu, KH Hasyim Asyari ditangkap Jepang. Salah satu santri KH Hasyim Asyari, Harun (Adipati Dolken), menghimpun kekuatan santri untuk melakukan demo menuntut kebebasan KH Hasyim Asyari. Tapi cara tersebut malah menambah korban berjatuhan.

Selain Ikranagara dan Adipati Dolken, film ini juga dibintangi Bung Toni, Agus Kuncoro, Dimas Aditya, Christine Hakim, dan lainnya.

Selanjutnya Film Jendral Soedirman (2015)...
7. Jendral Soedirman (2015)
Film Jenderal Soedirman Foto: Dok. Ist
Bicara kemerdekaan, bicara pahlawan, tentu tidak bisa lepas dari sosok Jenderal Besar Soedirman. Nah, anda bisa mempelajari kisah perjuangan beliau melalui film berjudul sama ini.

Film tentang Kemerdekaan Indonesia Jenderal Soedirman, menceritakan tentang perjalanan Jenderal Soedirma ketika memimpin pasukan perang gerilya yang mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Film yang rilis pada 2015 lalu ini, dibintangi oleh Adipati Dolken, Ibnu Jamil, Mathias Muchus, Baim Wong, dan Nugie. Kisah Jendral Soedirman dikisahkan berperang walaupun menderita penyakit paru-paru. Ia membuat Jawa menjadi medan perang gerilya yang luas.

Perjuangan Jendral Soedirman membuat Belanda kehabisan logistik dan waktu. Kemanunggalan TNI dan rakyat-lah akhirnya memenangkan perang tersebut.

8. Battle of Surabaya (2015)
Film Battle of Surabaya Foto: Dok. Ist
Battle of Surabaya merupakan film tentang Kemerdekaan Indonesia menggunakan animasi. Film ini menceritakan secara spesifik kisah pertempuran 10 November di Surabaya sebagai latar belakang ceritanya.

Film Battle of Surabaya merupakan film fiksi yang bercerita tentang Musa seorang tukang semir sepatu yang ikut berperang dan bertugas sebagai kurir bagi arek-arek Suroboyo dan TKR.

Meski merupakan film fiksi, di dalamnya telah menyinggung tokoh Musa dengan situasi perang sejarah yang diceritakan tentu bisa menjadi edukasi untuk anak-anak ketika menonton.

Selanjutnya Film Guru Bangsa Tjokroaminoto (2015)...
9. Guru Bangsa Tjokroaminoto (2015)
Film Guru Bangsa Tjokroaminoto Foto: Dok. Ist
Film tentang Kemerdekaan Indonesia selanjutnya adalah Guru Bangsa Tjokroaminoto yang dirilis pada 2015. Film ini menceritakan Oemar Said Tjokroaminoto (Reza Rahadian) tidak tinggal diam melihat kondisi kemiskinan rakyat dan kesenjangan sosial selepas Tanam Paksa dan awal Politik Etis sekitar tahun 1900.

Ia berani meninggalkan status kebangsawanan nya dan bekerja sebagai kuli pelabuhan. Tjokro berjuang dengan membangun organisasi Sarekat Islam, organisasi resmi bumiputera pertama terbesar, yang mempunyai sampai dua juta anggota.

Tjokroaminoto kemudian berjuang untuk menyamakan hak dan martabat masyarakat bumiputera yang terjajah. Perjuangan ini menjadi awal lahirnya tokoh dan gerakan kebangsaan.

10. Kartini (2017)
Film Kartini Foto: Dok. Ist
Kartini menjadi salah satu film bertema Kemerdekaan Indonesia yang dapat ditonton jelang peringatan HUT RI. Film ini adalah kisah nyata perjuangan Kartini, pahlawan wanita yang paling populer di Indonesia.

Film ini mengisahkan perjalanan penuh emosional dari sosok Kartini yang harus melawan tradisi yang dianggap sakral bahkan menentang keluarganya sendiri untuk memperjuangkan kesetaraan hak untuk semua orang di Indonesia. Bersama kedua saudarinya, Roekmini dan Kardinah, Kartini bahkan berjuang untuk membuat sekolah untuk kaum miskin.

Ia juga berupaya menciptakan lapangan kerja untuk rakyat di Jepara dan sekitarnya. Film ini dibintangi oleh sederet aktor papan atas, seperti Dian Sastrowardoyo, Reza Rahardian, Ayushita, Christine Hakim, dan Adinia Wirasti.

11. Perburuan (2019)
Film Perburuan yang dibintangi Adipati Dolken. Foto: Dok. Falcon Pictures
Perburuan adalah film yang bercerita tentang Kemerdekaan Indonesia yang dirilis tahun 2019. Disutradarai Richard Oh, film ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya Pramoedya Ananta Toer.

Film perburuan dibintangi Adipati Dolken, Ayushita, Ernest Samudra, Khiva Ishak, dan Michael Kho. Perburuan menceritakan tentang pasukan Tentara Pembela Tanah Air (PETA) yang melawan penjajahan Jepang di Indonesia.

Shodancho PETA bernama Hardo (Adipati Dolken) diceritakan harus bersembunyi di hutan karena diburu oleh tentara Jepang. Di sisi lain, menjelang kemerdekaan Indonesia ia menemukan fakta pengkhianatan ayah tunangannya serta sahabatnya.

Selanjutnya Film Hati Merdeka (2011)...
12. Hati Merdeka (2011)
Hati Merdeka Foto: Wikipedia
Hati Merdeka adalah film drama fiksi historis Indonesia. Film yang dirilis tahun 2011 ini dibintangi antara lain oleh Lukman Sardi, Donny Alamsyah, Darius Sinathrya, Teuku Rifnu Wikana, Rahayu Saraswati, Ranggani Puspandya, Astri Nurdin, Michael Bell, Nugie, dan Aldy Zulfikar.

Film Hati Merdeka adalah bagian ketiga dari rangkaian film "Trilogi Merdeka" sebagai lanjutan dari film Darah Garuda. Pada film Hati Merdeka, Empat sekawan yang menjadi tokoh utama di film sebelumnya dikisahkan berpisah dan menjalani kehidupan masing-masing.

Tokoh Amir diceritakan mengundurkan diri dari angkatan darat. Sedangkan, Tomas, Dayan, dan Marius dikirim ke Bali untuk membalas dendam kepada Belanda.

13. Soegija (2012)
Film Soegija Foto: (dok.ist)
Film tentang Kemerdekaan Indonesia selanjutnya adalah Soegija yang dirilis pada 2012 silam. Film ini melukiskan kisah-kisah kemanusiaan di masa perang kemerdekaan bangsa Indonesia pada tahun 1940-1949.

Berkisah tentang sosok Soegija, uskup pribumi pertama di Gereja Katolik Indonesia. Soegija berjuang menyatukan kembali kisah-kisah cinta keluarga besar kemanusiaan yang sudah terkoyak oleh kekerasan perang dan kematian.

Dia mencoba berperan di semua tingkat, baik politik lokal, nasional dan internasional. Atas peran sertanya, Presiden Soekarno memberikan penghargaan gelar Pahlawan Nasional.

Kontributor: Abdul Hamid
Sumber: Detik
×
Latest Update Update
CLOSE