Notification

×

Iklan

Iklan

4 Warna Cat yang Dinilai Bisa Mengusir Nyamuk di Rumah

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 14.35 WIB Last Updated 2022-08-13T07:37:01Z

Pages/Halaman:
Dapatkan berita terupdate dari SAFAHAD.MY.ID di:
Advertisement
Swipe Up
SAFAHAD - Menggunakan warna cat pengusir nyamuk dapat membantu hunian bebas dari serangga penghisap darah yang satu ini.
ilustrasi 4 Warna Cat yang Dinilai Bisa Mengusir Nyamuk di Rumah/Net
SAFAHAD - Menggunakan warna cat pengusir nyamuk dapat membantu hunian bebas dari serangga penghisap darah yang satu ini. Dengan tidak adanya nyamuk, penghuni rumah bisa lebih nyaman saat di dalam kediaman karena tubuh tidak akan gatal dan bentol akibat gigitan nyamuk, dan terhindar dari demam berdarah.

Menurut sebuah studi yang dipimpin oleh Jeff Riffell, ada sejumlah warna yang disukai dan tidak disukai oleh nyamuk. Dikutip dari Reader’s Digest, Sabtu (13/8/2022), tim peneliti mempelajari bagaimana nyamuk Aedes aegypti merespons warna. Hasilnya, mereka lebih menyukai beberapa warna dan tidak menyukai beberapa warna lainnya.

Penelitian Terhadap Warna dan Nyamuk
Preferensi warna ini hanya ada dengan kehadiran karbon dioksida, yakni gas yang dikeluarkan oleh tubuh manusia ketika mengembuskan napas. Riffell menjelaskan, warna menunjukkan potensi yang luar biasa untuk membantu membasmi nyamuk, termasuk warna dari pakaian yang dikenakan dan warna cat rumah.

Dalam penelitian tersebut, para nyamuk menyukai warna merah, oranye, hitam, dan cyan—warna di antara hijau dan biru. Para peneliti membangun ruang uji coba, serta mengisinya dengan udara yang disaring secara teratur dan juga nyamuk. Lalu, mereka memompa karbon dioksida dan merekam reaksi nyamuk terhadap benda berwarna yang ditempatkan di dalam ruangan.

Hasilnya, mereka lebih menyukai warna merah, yang mana warna ini merupakan rona yang dikeluarkan kulit manusia, terlepas dari warna kulitnya. Untuk hitam sendiri, mereka adalah magnet nyamuk karena serangga ini tertarik pada warna gelap dan kontras tinggi. Lantas, bagaimana dengan warna yang tidak disukai oleh nyamuk?
Warna Cat Anti Nyamuk
Para nyamuk dalam penelitian Riffell tidak menyukai warna biru, hijau, lavender, dan putih. Hasilnya memang menjanjikan. Akan tetapi, sepertinya tidak memungkinkan untuk hanya menggunakan warna-warna ini sebagai warna cat dinding di rumah, dan sebagai pertahanan terhadap nyamuk.

Director of Technical Services di Mosquito Joe, David Price, mengatakan, warna tetap bisa digunakan asalkan kamu memakai obat antinyamuk untuk menutupi karbon dioksida dan aroma lainnya yang dikeluarkan tubuh.

  • Biru
  • Biru adalah warna yang tidak populer di kalangan nyamuk, meski seberapa gelapnya warna dapat memengaruhinya. Salah satunya adalah biru laut. Mereka adalah warna yang menyerap panas, yang mana ini disukai oleh nyamuk. Jadi, warna cat antinyamuk yang bisa dihadirkan ke dalam rumah adalah biru yang lebih terang.

  • Hijau
  • Para peneliti mengonfirmasi hasil penelitian warna dengan memberinya tangan manusia di luar ruang uji coba. Mereka menunjukkan ketertarikan, tetapi langsung terbang ketika ditawarkan tangan manusia yang dilapisi sarung tangan berwarna hijau.

  • Violet
  • Ungu violet memiliki panjang gelombang terpendek dari semua warna dalam spektrum cahaya tampak. Jadi, bukanlah sesuatu yang mengherankan jika nyamuk tidak menyukainya.

  • Putih
  • Putih adalah obyek kontrol yang dipasangkan oleh para peneliti dengan obyek berwarna lainnya. Meski ada karbon dioksida di dalam ruang uji coba, nyamuk menghindari warna ini ketika dihadapkan dengan warna favoritnya.

    Kontributor: Abdul Hamid
    Sumber: Kompas
    ×
    Latest Update Update
    CLOSE