SAFAHAD - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengklaim bahwa dirinya pernah menginginkan kehadiran search engine atau mesin pencari buatan dalam negeri.

Hal ini disampaikan Johnny G. Plate dalam wawancaranya di podcast (siniar) #CloseTheDoor Corbuzier Podcast yang dibawakan oleh Deddy Corbuzier di kanal YouTube Deddy Corbuzier.

Dalam siniar tersebut, host yang juga seorang mentalist itu mewawancarai Menteri Kominfo seputar pemblokiran berbagai platform yang tidak melakukan registrasi Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE).

Dalam acara tersebut, dikutip Jumat (3/8/2022), Johnny menyebut bahwa selain pembangunan infrastruktur untuk transformasi digital, membangun talenta juga penting.

Deddy Corbuzier pun lanjut mempertanyakan apakah Indonesia bisa membuat sendiri aplikasi-aplikasi seperti Instagram atau TikTok. "Harusnya bisa. Saya bukan saja aplikasi Instagram ya, tapi search engine-pun harus bisa kita buat," kata Johnny.

"Saya pada saat menjadi menteri pertama saya panggil tim. Saya panggil tim, bisa ga kita membuat search engine. Name it (sebutlah) 'Gatotkaca' misalnya," kata Johnny. "Berapa triliun duit yang dibutuhkan untuk membangun itu. Saya sudah mempersiapkan."

Namun, menurut Menkominfo, hal itu terkendala dengan kemunculan pandemi Covid-19. Ini membuat perhatian menjadi teralihkan. Menkominfo Johnny lebih lanjut menegaskan, untuk dependensi Indonesia di sektor digital, infrastruktur Information and communication technologies (ICT) dan downstream-nya yaitu aplikasi, inovasi, dan invensi baru, harus dihasilkan untuk kebutuhan sendiri.