Notification

×

Iklan

Iklan

Hari Santri Nasional 2022: Makna Tema dan Logo Peringatannya

Rabu, 19 Oktober 2022 | 12.52 WIB Last Updated 2022-10-19T05:52:47Z

Pages/Halaman:
Dapatkan berita terupdate dari SAFAHAD.MY.ID di:
Advertisement
Swipe Up
SAFAHAD - Tema Hari Santri 2022 telah dirilis oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI). Seperti diketahui, Hari Santri diperingati setiap tanggal 24 Oktober.
ilustrasi Santri/Net
SAFAHAD - Tema Hari Santri 2022 telah dirilis oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI). Seperti diketahui, Hari Santri diperingati setiap tanggal 24 Oktober.

Berikut serba-serbi peringatan Hari Santri 2022.

Apa Tema Hari Santri 2022?
Mengutip dari situs resmi Kemenag RI, tema Hari Santri 2022 adalah "Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan". Tema ini menggambarkan peran santri dalam sejarah bangsa Indonesia.

Santri tidak hanya ahli ilmu agama, tetapi juga menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Meskipun demikian, santri tidak melupakan tugas utamanya untuk menjaga agama. Agama sendiri memiliki tujuan utama yaitu untuk memuliakan manusia, bukan untuk merendahkan martabat kemanusiaan.

"Santri senantiasa berprinsip bahwa menjaga martabat kemanusian atau hifdzunnafs adalah esensi ajaran agama, terutama di tengah kehidupan Indonesia yang sangat majemuk. Karena menjaga martabat kemanusiaan juga berarti menjaga Indonesia," kata Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, seperti dikutip detikcom, Selasa (18/10/2022).

Logo Hari Santri 2022
Tema Hari Santri 2022 telah dirilis Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI). Seperti diketahui, Hari Santri diperingati setiap tanggal 24 Oktober. (Foto: Kemenag RI)
Logo peringatan Hari Santri 2022 juga sudah diinfokan oleh Kemenag. Berikut link download logo Hari Santri 24 Oktober 2022. Klik Download

Arti Warna pada Logo Hari Santri 2022
Ada tiga warna utama pada logo Hari Santri 2022. Ketiganya pun memiliki makna yang berbeda-beda, yaitu:
  • Biru: Cerdas dan Bijaksana
  • Hijau: Religius dan Harmonis
  • Oranye: Semangat dan Enerjik.

  • Selanjutnya, Filosofi Logo Hari Santri 2022
    Filosofi Logo Hari Santri 2022
    Dalam visual logo Hari Santri 2022, tercantum simbol, tulisan 'Hari Santri 2022', serta tema perayaan tahun ini. Filosofi logo Hari Santri 2022 adalah sebagai berikut.

    1. Merangkul
    Melingkarkan lengan pada pundak (tubuh, pinggang, dan sebagainya) orang lain sambil melingkarkan kedua lengan. Hal ini artinya melindungi, memberikan empati, dan kepedulian.

    2. Jabat Tangan
    Mengandung makna keakraban dalam setiap pertemuan, saling berbudaya, memberikan sapa. Mengulurkan tangan berarti saling membantu antar manusia dengan manusia yang lain.

    3. Daun
    Daun hijau mengandung makna kehidupan dan energi pada manusia. Selain itu, daun juga berarti harapan.

    4. Infinity (Tak Terhingga)
    Simbol tak hingga (infinity) yang dilambangkan sebagai ∞, adalah simbol matematika yang mewakili konsep tak hingga.

    5. Matahari
    Matahari terus memberikan cahaya untuk kehidupan manusia. Matahari adalah sumber energi alam semesta dan penghuninya, mengandung makna daya yang tidak pernah habis.

    6. Mata
    Mata adalah indra penglihatan manusia, untuk memandang segala hal, melihat keadaan sekitar. Ini mengandung pesan bahwa mata digunakan untuk melihat dan mengamati apa yang terjadi dan apa yang bisa diperbuat.

    Demikian informasi tema Hari Santri 2022. Semoga bermanfaat!

    Kontributor: Abdul Hamid
    Sumber: Detik
    ×
    Latest Update Update
    CLOSE