SAFAHAD - Instagram telah menambahkan fitur baru "recently deleted" di platform-nya yang bertujuan membantu pengguna melindungi riwayat foto dari peretasan. Dikutip dari laman Engadget, fitur ini dikatakan bisa memperkuat unggahan sebelum dihapus secara permanen.

Fitur ini mirip dengan folder 'recently deleted' di perangkat iOS untuk aplikasi foto. Pengguna yang menghapus unggahannya, kemudian akan muncul di bagian terpisah di profil selama 30 hari.

Unggahan itu tidak dapat dilihat orang lain, tetapi akan tetap terlihat oleh pemilik akun jika berubah pikiran ketika ingin mengembalikannya.

Berdasarkan pengamatan Instagram, fitur ini merupakan perlindungan tambahan terhadap peretas yang sering menargetkan akun Instagram.Instagram melihat, peretasan terjadi pada kebanyakan akun pengguna yang sering menghapus fotonya sebelum mereka dapat memperoleh akses kembali.

Hal ini menjadi kerugian besar bagi mereka yang mengandalkan Instagram sebagai bisnis.Adanya fitur pembaruan Instagram "recently deleted", akan mengharuskan pengguna verifikasi identitas melalui teks atau email sebelum menghapus secara permanen atau memulihkan pos.

Langkah dasarnya ialah bentuk verifikasi dua langkah. Jika akun pengguna Instagram terkunci karena peretasan, maka pengguna tidak dapat langsung mengakses unggahan yang dihapus.[source]