Notification

×

Iklan

Iklan

Mengintip Keindahan Pesona Kaldera Raksasa Danau Toba

Jumat, 27 Mei 2022 | 03.28 WIB Last Updated 2022-05-26T20:28:29Z

Pages/Halaman:
Dapatkan berita terupdate dari SAFAHAD.MY.ID di:
Advertisement
Swipe Up
SAFAHAD - Apakah Sahabat tahu bahwa Indonesia mempunyai satu danau kaldera terbesar? Ya, kaldera itu mempunyai nama Danau Toba.
Mengintip Keindahan Pesona Kaldera Raksasa Danau Toba (Adira)
SAFAHAD - Apakah Sahabat tahu bahwa Indonesia mempunyai satu danau kaldera terbesar? Ya, kaldera itu mempunyai nama Danau Toba. Kaldera adalah kawah vulkanik yang tercipta karena letusan gunung berapi.

Oleh karena itu, tidak heran jika Danau Toba menjadi salah satu destinasi wisata andalan pulau Sumatera. Keindahan dari danau berhasil diabadikan oleh sebuah akun bernama @sadam_black dan foto ini berhasil masuk dalam 50 foto terbaik pada saat Kompetisi Foto dan Video Sahabat Lokal Adira Finance lalu. Jadi, apa spesialnya kaldera ini? Yuk, simak beberapa faktanya dibawah.

Danau vulkanik terbesar

Menurut para ilmuwan, Danau Toba adalah danau vulkanik terbesar yang pernah ada. Danau Toba dipercaya terbentuk sebagai akibat dari erupsi hebat dari Gunung Toba yang terjadi sekitar 74.000 tahun yang lalu.

Para ilmuwan dari NASA (organisasi luar angkasa Amerika Serikat) mempercayai bahwa pada saat Gunung Toba meletus, sekitar 60% makhluk hidup di bumi musnah.

Danau Toba yang terletak di tengah pulau Sumatera Utara ini memiliki panjang 100 km dengan lebar 30 km dan kedalaman 505 meter. Hal ini turut membuat Danau Toba menjadi danau terbesar di Indonesia.
Legenda mengenai Danau Toba

Danau Toba tidak terlepas dari dongeng atau legenda yang berkembang di masyarakat. Menurut cerita masyarakat sekitar, dahulu kala ada sepasang suami istri yang memiliki anak bernama Samosir.

Pada suatu hari, sang bapak yang bernama Toba sedang marah ke Samosir dan tidak sengaja memberi tahu bahwa Samosir sebenarnya adalah anak dari seekor ikan.

Samosir terkejut dan mengadu ke ibunya. Hal ini membuat sang ibu sangat sedih karena suaminya melanggar janji untuk tidak memberi tahu asal usul sang anak yang ternyata berasal dari seekor ikan. Sambil berpegangan tangan, Samosir dan ibunya menghilang dalam sekejap.

Lalu dari bekas pijakan kaki Samosir, keluarlah air yang sangat deras hingga menggenangi wilayah di sekitarnya. Saking banyaknya air, genangan ini menjadi sebuah danau. Hingga sekarang, danau itu yang disebut Danau Toba dan pulau yang di tengahnya bernama Pulau Samosir.

Menikmati pesona Danau Toba

Dengan bentukan alam yang alami, kemegahan alam di Danau Toba tentu tidak perlu diragukan lagi. Sahabat dapat menikmati keindahan Danau Toba dengan kendaraan darat maupun laut.

Jika Sahabat ingin mengitari Pulau Samosir dan Danau Toba, Sahabat bisa menyewa kapal wisata yang mempunyai bentuk unik berupa rumah adat Batak.
Selain itu, Sahabat bisa mengunjungi berbagai tempat wisata lainnya seperti Batu Gantung, rumah pengasingan Bung Karno dan juga air terjun Situmurun jika Sahabat memilih menggunakan kapal laut.

Namun bagi Sahabat yang memilih menggunakan transportasi darat, Sahabat bisa menyewa motor di sana sambil mengunjungi tempat wisata yang ada di Pulau Samosir dan sekitaran Danau Toba.

Tidak hanya menikmati indahnya Danau, ada beberapa tempat wisata yang wajib Sahabat kunjungi seperti pemandian air panas Pangururan, Kampung Adat Simanindo, Batu Persidangan Siallagan dan masih banyak lagi.

Bagaimana Sahabat? Sungguh dahsyat bukan alam Indonesia. Jangan lupa untuk berkunjung ke Danau Toba saat berada di Pulau Sumatera ya Sahabat!.[Adira]

×
Latest Update Update
CLOSE