Notification

×

Iklan

Iklan

ANBK Itu Apa? Berikut Penjelasan ANBK 2022 Serta Jadwalnya dari SD-SMA

Rabu, 27 Juli 2022 | 04.34 WIB Last Updated 2022-07-26T21:36:12Z

Pages/Halaman:
Dapatkan berita terupdate dari SAFAHAD.MY.ID di:
Advertisement
Swipe Up
SAFAHAD - ANBK atau Asesmen Nasional Berbasis Komputer adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.
ilustrasi (Kompasiana)
SAFAHAD - ANBK atau Asesmen Nasional Berbasis Komputer adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Berikut pengertian ANBK serta jadwal pelaksanaannya.

Dikutip dari laman anbk.kemdikbud.go.id, ANBK dilaksanakan dengan tiga instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survey Karakter, dan Survey Lingkungan Belajar. Berikut penjelasannya.

1. Tiga Instrumen Asesmen Nasional

• Asesmen Kompetensi Minimum
Asesmen Kompetensi Minimum mengukur literasi membaca dan literasi matematika atau numerasi murid.
• Survey Karakter
Survei Karakter mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid.
• Survey Lingkungan Belajar
Survei Lingkungan Belajar mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

2. Peserta ANBK dari SD-SMA
Peserta ANBK adalah siswa kelas 5 SD, 8 (kelas 2 SMP), dan 11 (kelas 2 SMA) yang dipilih secara acak oleh pemerintah, guru, dan kepala sekolah di tiap satuan pendidikan. Khusus untuk program kesetaraan, peserta didik yang ikut Asesmen Nasional adalah siswa yang sedang berada di tahap akhir program belajarnya.

Siswa yang dipilih sebagai peserta ANBK akan dapat merasakan perbaikan pembelajaran saat masih ada di sekolah tersebut. Sebab, asesmen ini bertujuan meningkatkan mutu pendidikan.
3. Jadwal ANBK SD-SMA
ANBK 2022 akan diselenggarakan pada 29 Agustus-1 September 2022 untuk jenjang SMA/SMK dan sederajat. Sedangkan jadwal untuk peserta ANBK dari Paket C dilaksanakan pada 29 Agustus-4 September 2022.

Untuk jenjang SMP sederajat, ANBK dilaksanakan tanggal 19-22 September 2022. Khusus peserta ANBK dari Paket B akan mengikuti ANBK tanggal 24-25 September 2022.

4. Model Pelaksanaan ANBK
Sedangkan untuk jenjang SD / sederajat, ANBK akan dilaksanakan pada 24-27 Oktober 2022. Bagi peserta Paket A, ANBK 2022 digelar dalam 4 gelombang, yaitu pada 24 Oktober-3 November 2022.

ANBK online dan semi daring dapat dilaksanakan di sekolah dengan berbasis komputer. Alternatifnya, Asesmen Nasional ini juga bisa digelar dengan berbagi sarana-prasarana atau resource sharing. Bentuk soal ANBK terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat, dan uraian.

Kontributor: Abdul Hamid
Sumber: detik
×
Latest Update Update
CLOSE