Notification

×

Iklan

Iklan

Tips Menyimpan Daging Kurban di Kulkas agar Tetap Awet, Segar dan Aman Dikonsumsi

Jumat, 08 Juli 2022 | 07.42 WIB Last Updated 2022-07-08T00:43:29Z

Pages/Halaman:
Dapatkan berita terupdate dari SAFAHAD.MY.ID di:
Advertisement
Swipe Up
SAFAHAD - Idul Adha sering pula disebut dengan hari Kurban lantaran banyak masyarakat yang mengurbankan sapi/lembu dan kambing untuk disembelih sesuai ajaran Islam.
ilustrasi (Abdul Hamid Info)
SAFAHAD - Idul Adha sering pula disebut dengan hari Kurban lantaran banyak masyarakat yang mengurbankan sapi/lembu dan kambing untuk disembelih sesuai ajaran Islam.

Daging sapi dan kambing yang sudah disembelih dibagikan ke seluruh masyarakat sekitar dan jumlahnya kadang juga cukup banyak. Masalahnya, tak semua orang bisa mengolah daging kurban itu dalam sekali masakan.

Sisa daging kurban yang tidak sempat Anda olah itu bisa Anda simpan di freezer supaya lebih awet. Namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam menyimpan daging segar ya!

1. Pisahkan tulang dengan daging dan pisahkan daging sesuai jenisnya
Kadang ada tulang yang tercampur di dalam paket daging kurban yang Anda dapatkan. Anda harus memisahkan antara tulang dan daging. Anda juga sebaiknya memisahkan daging kambing dan daging sapi dan menyimpannya secara terpisah.

2. Bersihkan daging tapi jangan mencucinya dengan air
Kalau Anda melihat ada kotoran yang menempel pada daging, bersihkan dengan tangan dan jangan mencuci daging. Mencuci daging dengan air keran malah rawan membuat bakteri makin banyak di dalam daging. Anda boleh mencuci daging dengan air saat akan memasaknya, tapi kalau akan disimpan di dalam kulkas, sebaiknya jangan mencucinya.

3. Potong-potong daging
Untuk lebih memudahkan penyimpanan dan saat Anda akan mengolahnya nanti, potong daging sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan. Sebaiknya potong daging dengan ukuran sekali masakan, dan jangan dalam potongan yang terlalu besar agar saat dicairkan nanti bisa langsung diolah dan tak perlu disimpan kembali.
4. Masukkan daging dalam wadah kedap udara
Anda bisa menggunakan kontainer yang kedap udara (kotak makan) untuk menyimpan daging di dalam freezer. Bisa juga menggunakan wadah atau piring styrofoam untuk meletakkan daging, lalu bungkus dengan plastik khusus pembungkus makanan (wrapping plastic) steril dan kedap udara. Pastikan tak ada udara yang bisa masuk ke dalam untuk mencegah bakteri berkembang biak.

Anda juga bisa memasukkan daging dalam plastik bening (jangan gunakan kresek hitam) dan lakukan vakum atau pastikan saja tidak ada udara di dalamnya.

5. Letakkan 4 jam di kulkas (rak bawah) sebelum dimasukkan ke freezer
Sebaiknya, daging tidak langsung masukkan ke dalam freezer tapi simpan dulu di suhu kulkas (rak bawah) selama 4-5 jam. Setelah itu, baru masukkan daging ke dalam freezer. Ini berguna agar daging tidak terlalu mengeras setelah dimasukkan ke freezer.

6. Tempelkan label
Label berguna untuk mengetahui kapan daging itu dimasukkan ke dalam freezer dan jenis dagingnya. Saat Anda akan mengolah daging, gunakan daging yang lebih dulu masuk ke dalam freezer, baru ke yang paling akhir.

7. Perhatikan suhu freezer
Suhu freezer Anda harus selalu pada titik minimal -18 derajat celcius. Dengan suhu yang konstan seperti ini, daging bisa bertahan hingga 3 bulan. Sebaiknya juga jangan membuka tutup freezer terlalu sering karena akan berpengaruh terhadap suhu di dalamnya.
8. Mencairkan daging

Sebelum Anda mengolah daging yang baru Anda keluarkan dari freezer, sebaiknya letakkan daging dalam keadaan masih tertutup rapat di bawah air yang terus mengalir.

Jangan gunakan air panas, gunakan air bersuhu normal dan tunggu hingga daging cukup empuk untuk dipotong-potong. Cuci bersih dan segera olah daging yang telah empuk itu. Jangan bekukan lagi daging yang telah dicairkan sebelumnya, ya!

Untuk memastikan apakah daging masih aman dikonsumsi, coba cium aromanya. Kalau aromanya sudah menyengat, sebaiknya jangan diolah lagi.

Nah, itu cara jitu untuk menyimpan daging sekaligus untuk mencairkannya sebelum diolah menjadi masakan. Bisa dipraktikkan tuh![Abdul Hamid Info]

×
Latest Update Update
CLOSE