Notification

×

Iklan

Iklan

Manfaat Buah Tin untuk Tubuh yang Jadi Nama Surah dalam Alquran

Selasa, 06 September 2022 | 19.54 WIB Last Updated 2022-09-06T12:56:42Z

Pages/Halaman:
Dapatkan berita terupdate dari SAFAHAD.MY.ID di:
Advertisement
Swipe Up
SAFAHAD - Buah Tin merupakan salah satu nama surat dalam Alquran. Surat At-Tin ayat pertama yang artinya "Demi Buah Tin dan Buah Zaitun".
Manfaat Buah Tin untuk Tubuh yang Jadi Nama Surah dalam Alquran (alodokter.com)
SAFAHAD - Buah Tin merupakan salah satu nama surat dalam Alquran. Surat At-Tin ayat pertama yang artinya "Demi Buah Tin dan Buah Zaitun".

Tentunya ada khasiat yang luar biasa dari buah tersebut, sebagaimana yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber, ada beragam manfaat yang terkandung dalam buah Tin.

Kandungan Nutrisi Buah Tin
Rasa manis buah tin berasal dari kandungan gula alami yang kadarnya akan meningkat apabila dikeringkan. Dengan begitu, buah tin tetap termasuk buah yang rendah kalori.

Dalam 100 gram buah tin terkandung sekitar 74 kalori dan beberapa nutrisi berikut ini:

  • 2,9 gram serat
  • 0,75 gram protein
  • 35 miligram kalsium
  • 17 miligram magnesium
  • 14 miligram fosfor
  • 232 miligram kalium
  • 2 miligram vitamin C
  • 0,11 miligram vitamin E

  • Selain itu, ragam manfaat dari buah tin di antaranya sebagai berikut;

    1. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan
    Buah tin dapat mengatasi gangguan pencernaan dan dapat mengatasi gejala irritable bowel syndrome (IBS) maupun kolitis ulseratif. Penelitian berhasil membuktikan manfaat buah tin dalam mengurangi gejala IBS, seperti sembelit, diare, kembung, hingga kram perut.

    Selanjutnya, 2. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung...
    2. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung
    Buah tin dapat mengatur tekanan darah dan kadar lemak dalam darah. Kemudian, dapat membantu meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Hal tersebut dibuktikan dalam jurnal penelitian "Pharmaceutical Biology" tahun 2017.

    3. Mencegah Terjadinya Penyakit Kronis
    Kandungan yang dimiliki buah tin terutama kandungan antioksidan ini paling banyak ditemukan pada kulit buah tin. Hal ini bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit kronis, termasuk, diabetes, dan katarak.

    4. Mencegah Perkembangan Sel Kanker
    Selain mencegah penyakit kronis, antioksidan dalam buah tin juga dapat mencegah perkembangan penyakit kanker. Tak hanya itu, sebuah riset juga menunjukkan bahwa ekstrak buah tin diduga memiliki aktivitas antikanker yang bisa bekerja saat dihadapkan pada sel kanker payudara.

    5. Meningkatkan Kesehatan Tulang
    Buah tin kering merupakan sumber kalsium yang baik. Kalsium tidak diproduksi oleh tubuh, asupan kalsium didapatkan dari makanan dan minuman. Oleh karena itu, penting untuk mengonsusmsi makanan sumber kalsium, seperti buah tin.

    Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG), tubuh manusia membutuhkan sekitar 1000 mg kalsium per hari untuk memenuhi meniral harian.


    Lihat Artikel Tentang Kesehatan Lainnya DISINI
    Kontributor: Abdul Hamid
    Sumber: Fajar
    ×
    Latest Update Update
    CLOSE