Notification

×

Iklan

Iklan

5 Makanan untuk Pereda Rasa Pedas

Kamis, 04 Februari 2021 | 17.08 WIB Last Updated 2022-04-23T12:56:26Z

Pages/Halaman:
Dapatkan berita terupdate dari SAFAHAD.MY.ID di:
Advertisement
Swipe Up
Safahad.my.id - Rasa pedas bisa sangat mengganggu kenyamanan mulut. Mulut berasa terbakar, namun bisa diredakan dengan sederet makanan berikut.  Makanan pedas biasanya enak dijadikan camilan siang menuju sore. Namun, jika rasa terlalu pedas membuat mulut terasa seperti terbakar. Mulut akan terasa panas dan sedikit perih.
SAFAHAD - Rasa pedas bisa sangat mengganggu kenyamanan mulut. Mulut berasa terbakar, namun bisa diredakan dengan sederet makanan berikut.

Makanan pedas biasanya enak dijadikan camilan siang menuju sore. Namun, jika rasa terlalu pedas membuat mulut terasa seperti terbakar. Mulut akan terasa panas dan sedikit perih.

Berikut mengutip berbagai sumber:

1. Susu atau produk susu

Susu dingin atau sesendok yogurt bisa menenangkan mulut dan menghilangkan sensasi terbakar yang dirasa. Dikutip dari laman NDTV, Capsaicin (senyawa pencipta rasa pedas) bisa diredakan dengan protein yang terdapat pada produk susu yang disebut kasein.

2. Gula atau madu

Gula memang tak baik jika dikonsumsi terlalu banyak. Namun, gula bisa memberikan ketenangan setelah Anda sibuk melawan rasa pedas di mulut. 1/2 sdt gula atau madu setelah mengonsumsi makanan pedas, mampu menyerap capsaicin yang berbasis minyak, yang pada kemudian akan menghilangkan rasa pedas.

3. Roti atau nasi

Pati menjadi penghalang alami antara capsaicin dan mulut. Tidak jauh berbeda dengan gula, pati juga mampu menyerap capsaicin. Selain nasi atau roti, bisa juga mengonsumsi kentang rebus untuk melawan rasa pedas.
4. Cokelat

Dikutip dari laman Medical Daily, kandungan lemak yang tinggi pada cokelat akan membantu mengeluarkan sebagian capsaicin dari mulut karena sifatnya yang lebih larut. Konsumsi cokelat serta susu lebih bermanfaat daripada dark chocolate karena terdapat kandungan lemak dan kasein yang lebih tinggi.

5. Selai kacang

Dikutip dari laman Greatist, sama seperti cokelat, selai kacang memiliki kandungan lemak yang tinggi. Kandungan lemak dapat membantu mengeluarkan capsaicin dari mulut.

Disarankan untuk menghindari air putih, minuman beralkohol, dan minuman bersoda karena dapat memperparah rasa pedas.[source]

×
Latest Update Update
CLOSE